Bisnis,
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),
dan
Bisnis Informatika
1.
Pengertian Bisnis
Secara umum ada beberapa pendapat mengenai perngertian
dari bisnis, diantara nya yaitu :
·
Bisnis dalam arti luas
adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang
memproduksi barang & jasa dalam kehidupan seharihari
·
Bisnis sebagai suatu
sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat
kita (bussiness is then simply a system that produces goods and service to
satisfy the needs of our society)
·
Bisnis merupakan suatu
organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa “Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh
individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create
value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.”
Kata bisnis diambil dari kata bahasa Inggris yaitu
busy yang dapat diartikan sebagai sibuk. Kata busy sendiri pada bahasa inggris
lama yaitu bisignis yang berarti keadaan dimana seseorang sedang sibuk “state
of being busy”. Konsep bisnis tersebut tidak membatasi pendapat yang ada bahwa
konsep bisnis berlaku untuk individu, komunitas ataupun masyarakat.Semua
anggota dalam bisnis seharusnya sibuk mengerjakan segala kegiatan dan pekerjaan
untuk mendapatkan profit.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana
seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan
keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya
— penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu
kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau
keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar
tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk
pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.
Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan
hingga saat ini.
Ada beberapa karakteristik dari bisnis yaitu:
1. Sebuah institusi atau lembaga ataupun organisasi
ekonomi dan sosial “An economic and social institution”
2. Berurusan dengan barang-barang dan jasa untuk memenuhi
keinginan manusia “Dealings in goods and services to satisfy human wants”
3. Untuk mencari profit/keuntungan
4. Menciptakan utility
5. Menetapkan harga
6. Dalam skala reguler dan dasar yang berlanjut
7. Selalu ada kemungkinan untuk loss atau merugi
8. Harus dapat tumbuh dan berkembang untuk dapat survive.
Aspek-aspek bisnis meliputi :
-Kegiatan individu dan kelompok
-Penciptaan nilai
-Penciptaan barang dan jasa
-Keuntungan melalui transaksi
Elemen dan Sistem Bisnis :
·
Modal (capital)
Sejumlah
uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
·
Bahan-bahan (materials)
Merupakan
faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk
diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
·
Sumber Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi
SDM :
Memiliki
kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
·
Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen
yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen
Pengertian bisnis menurut pakar adalah sebagai berikut
:
a.
Pengertian Bisnis menurut Hooper bahwa bisnis adalah Segala dan keseluruhan
kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan
industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan,
distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian
melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis
secara menyeluruh.
b.
Pengertian bisnis menurut Urwick dan hunt bahwa bisnis adalah segala perusahaan yang
membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang
dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk
membeli atau membayarnya.
c. Pengertian bisnis menurut Prof.Owen bahwa bisnis adalah sebuah perusahaan yang
berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke
pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.
d.
Pengertian bisnis menurut Prof.L.R.Dicksee bahwa bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang
utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau
yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
e. Menurut Mc Naughton,
pengertian bisnis adalah pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk
keuntungan mutual.
f.
Menurut William Spregal, pengertian bisnis adalah segala aktivitas yang
berkaitan dengan produksi dan penjualan barang-barang ataupun jasa dapat
diklasifikasikan dalam aktivitas-aktivitas bisnis.
g. Pengertian bisnis berdasarkan ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
2.
Pengertian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Technologia
menurut Webster Dictionary berarti systematic treatment atau penanganan sesuatu
secara sistematis, sedangkan techne sebagai dasar kata Teknologi berarti skill, science atau keahlian,
keterampilan, ilmu. Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin
texere yang berarti menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi
seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal
tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Rusman, dkk
(2011) teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tindakan
yang mengurangi ketidak pastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai
suatu hasil yang diinginkan. Informasi adalah fakta atau apa pun yang dapat digunakan sebagai input
dalam menghasilkan informasi. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan
(ide,gagasan,materi pelajaran) dari satu pihak lain agar terjadi saling
memengaruhi di antara keduanya.
Teknologi Informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk
mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan
akurat, informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau
informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya,
menurut Darmawan (2012).
Information and Communication Technology (ICT) dalam konteks bahasa Indonesia disebut
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam waktu yang sangat singkat telah
menjadi satu bahan bangunan penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat
modern. Dibanyak negara menganggap bahwa memahami TIK, menguasai keterampilan
dasar TIK serta memiliki konsep TIK merupakan bagian dari inti pendidikan,
sejajar dengan membaca, menulis, dan numerasi.
Pengertian lain dari Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) yang dikutip dalam Rusman, dkk (2011) adalah sebagian dari ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Tercakup dengan defenisi tersebut semua perangkat keras, perangkat lunak,
kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun komunikasi. UNESCO menyatakan
bahwa semua negara maju dan berkembang, perlu mendapatkan akses TIK dan
menyediakan fasilitas pendidikan yang terbaik, sehingga diperoleh generasi muda
yang siap berperan penuh dalam masyarakat modern mampu berperan dalam negara
pengetahuan. Karena perkembangan TIK yang pesat, perubahan terus menerus
menjadi tantangan berbagai pihak, dari kementrian pendidikan, pengajar dan
penerbit. Keterbatasan sumber daya mengungkung sistem pendidikan. Namun TIK demikian
pentingnya bagi sehatnya industri dan komersial dimasa depan negara, sehingga
investasi dalam peralatan, pendidikan guru, serta layanan pendukung untuk
kurikulum berdasarkan TIK seharusnya prioritas pemerintah.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua
teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan,
pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan
komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti
sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat,
mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan
prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi,
erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan
pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge)
bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan,
ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi
di antara keduanya.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa “Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah hasil rekayasa manusia
terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide,
gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas
sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.”
3.
Pengertian Bisnis Informatika
Terdapat dua kata yang memiliki dua arti yang saling
berbeda yaitu Bisnis dan Informatika. Seperti yang telah dibahas pada bagian
sebelum nya bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan secara individu maupun
kelompok orang yang menciptakan suatu nilai melalui penciptaan barang atau jasa
demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Sementara Informatika merupakan disiplin ilmu yang
mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada
mesin berbasis komputasi. Secara umum, informatika mempelajari struktur, sifat,
dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data,
memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam
bentuk informasi.
Jadi, bisnis informatika adalah kegiatan yang
dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan
tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi
informasi.
Contoh Bisnis Informatika diantaranya :
·
E-Commerce
merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli produk dengan menggunakan
media online. Seperti yang sudah dikenal banyak orang saat ini yaitu OLX.com,
amazon.com, dan lain-lain.
· Smart Card
yaitu contoh dari pengembangan teknologi informasi yang di implementasi ke
dunia kesehatan. Prinsip dari Smart Card ini tidak jauh beda dari pemakaian
kartu kredit (ATM) yang banyak digunakan di bank.
·
Jasa Warnet.
Bisnis warnet juga termasuk dalam bisnis informatika karena secara tidak
langsung bisnis ini dilakukan dengan bantuan media teknologi informasi.
· Penyedia Jasa Berita dan infotainment online. Bisnis ini merupakan bisnis yang menyediakan jasa
berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapat kan berita yang
kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti
goal.com, detik.com, kapanlagi.com, dll.
·
IT consultant menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis
maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
· Infrastruktur Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah
layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan
Komputer, dll.
CONTOH
BISNIS INFORMATIKA (E-COMMERCE)
“LAZADA.CO.ID”
Lazada Indonesia atau dikenal dengan website
http://www.lazada.co.id/ adalah perusahaan ritel yang menawarkan pengalaman
berbelanja online, dengan menjual berbagai jenis produk, mulai dari produk
elektronik, buku, mainan anak serta perlengkapan bayi, alat kesehatan dan
produk kecantikan, peralatan rumah tangga, hingga perlengkapan traveling dan
olahraga.
Lazada diluncurkan pada bulan Maret 2012 dan
berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Indonesia merupakan salah satu bagian
dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara di Asia
Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand,
Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada Filipina dengan total pengguna 550
juta pengguna dari total keseluruhan enam negara tersebut.
Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari
perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet.
Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang
inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin,
Jerman. Proyek yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain
zalora, foodpanda, traveloka. Pada tahap awal pengembangannya Rocket Internet
banyak membantu mulai dari merekrut tenaga ahli, meyuntikan dana, dan
mengimplementasikan platfrom teknologinya. Namun setelah lazada mampu
berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam
kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi
investasi dan pendanaannya. Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan
suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek
Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan
Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520 miliyar.
Lazada sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel
e-commerce di Indonesia berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat
dalam membeli berbagai jenis produk dari berbagai kategori, mulai dari produk
eloktonik, dekorasi rumah, produk kesehatan hingga produk kecantikan, dengan
cukup mengakses situs maupun aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas
multiple payment termasuk cash-on-delivery, memberikan kemudahan bagi konsumen
khususnya di Indonesia untuk mendapat barang-barang terbaru yang diinginkannya.
Selain memberikan kemudahan transaksi lazada juga memberikan berbagai promo
serta diskon dengan potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya
menarik untuk para pembeli. Untuk informasi mengenai segala produk dapat
diakses di website Lazada indonesia yaitu lazada.co.id. Lazada merupakan
perintis e-commerce di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia
dengan beberapa pengalaman belanja online cepat, aman dan nyaman. Bagi Lazada
prioritas tertinggi adalah untuk menciptakan pengalaman belanja online terbaik
untuk setiap pelanggan di Indonesia.
Semenjak tiga tahun beroperasi di Indonesia semenjak
Maret 2012 lalu, lazada telah berhasil mencatatkan beberapa pencapaian yang
luar biasa. Pada bulan September 2014 lalu lazada Indonesia berhasil melakukan
penjualan secara ekslusif smartphone Xiaomi Redmi 1S yang berhasil habis
terjual dalam waktu tujuh menit. Di bulan tersebut juga, Lazada disebut sebagai
situs e-commerce paling populer di Indonesia berrdasarkan hasil riset oleh
perusahaan riset NusaResearch. Kemudian di bulan Desember 2014 lazada juga
berhasil mengadakan event Online Revolutin 12.12, yaitu event promo yang
diprakarsai oleh Lazada yang juga diikuti oleh beberapa perusahan
raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yang berhasil mencatatkan 10 juta
kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam kurun waktu 24 jam. Sampai akhir
Desember 2014 tahun lalu tercatat total nilai barang terjual (GMV-Gross
Merchandising Volume) di lazada adalah $384 juta dan mengalami peningkatan 300%
dibanding tahun sebelumnya.
CEO Lazada Indonesia pada saat ini adalah Magnus
Ekbom. Ia pindah dari Swedia ke Asia pada tahun 2011 dan dalam lima tahun
terakhir terfokus pada pasar Asia Tenggara di mana dia sekarang bertempat
tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan saat ini Lazada Indonesia kurang lebih
memiliki sekitar lima ratus karyawan.
Struktur
Organisasi Lazada Indonesia
Adapun visi dan misi lazada adalah sebagai berikut
:
Visi
Menjadi tempat belanja online yang terpercaya dan
memberikan kualitas terbaik dari segi
mutu maupun pelayanan terhadap konsumen.
Misi
Melayani segala kebutuhan pembeli baik mulai dari
pemesanan hingga pengiriman barang
sampai ditempat pembeli.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LAZADA
·
Kelebihan
1. Aplikasi bersifat user friendly
1. Aplikasi bersifat user friendly
Hal ini dapat dilihat pada desain yang terkesan simpel.
Aplikasi nya pun cukup mudah digunakan untuk para pemula yang baru pertama kali
mencoba menggunakan aplikasi lazada tersebut. Karena hal tersebut dapat
dikatakan bahwa tampilan antarmuka aplikasi Lazada memang cukup bersahabat.
2. Pembuatan kategori produk yang terstruktur
Kemudahan dalam memilih produk yang di kategorikan
kedalam beberapa golongan yang rinci sehingga dapat memilih sesuai kebutuhan.
Dan beberapa kategori tersebut juga terbagi menjadi sub-sub yang lebih
spesifik.
3.Terdapat Fitur Pusat Bantuan
Terdapat fitur Pusat Bantuan yang memberikan informasi
mengenai hal-hal yang berkaitan dengan proses transaksi, misalnya dalam proses
pemesanan dan pembayaran.
4. Memiliki banyak pilihan metode pembayaran
Lazada memiliki banyak metode pembayaran yang
diinginkan oleh user seperti melalui kartu kredit, alfamart, bahkan COD (Cash
On Delivery).
5. Dapat melihat status pesanan
Setelah melakukan transaksi, user dapat melihat status
pemesanan dari barang-barang yang dibeli dengan melihat dari kode pemesanan.
Satu kode pemesanan dapat terdiri dari beberapa produk.
6. Terdapat Layanan Flash Sale
Setiap harinya lazada menyediakan layanan flash sale
yang menyediakan diskon kepada beberapa barang sebesar 50 % bahkan lebih.
7. Memiliki banyak kode potongan harga
Lazada banyak memiliki relasi dengan beberapa brand
ternama sehingga user bisa mendapatkan potongan harga dengan memasukkan kode
pemesanan dari produk yang diinginkan.
8. Memiliki fitur filter
Pada saat memilih produk terdapat filter yang akan
menyaring produk-produk berdasarkan kategori yang diinginkan, misalkan filter
berdasarkan harga produk dan nantinya akan tampil bagian untuk menentukan
kisaran harga yang diinginkan.
9. Perlindungan Pembeli 100% dan Jaminan Kepuasan
Lazada memberikan perlindungan pembeli dan layanan
kepuasan kepada user yang akan melindungi selama proses transaksi, seperti
garansi uang kembali.
10. Tidak harus memiliki akun lazada
User tidak harus mendaftar akun di lazada agar dapat
melakukan proses pembayaran. Hanya diperlukan mengsisi data dengan informasi
yang valid mengenai user seperti email, nama lengkap, alamat, dan lain-lain.
·
Kekurangan
1. Terlalu banyak produk yang sama yang dijual dengan
berbagai harga sehingga membuat user bingung dalam menentukan produk mana yang
akan dibeli dengan kualitas yang bagus bahkan orisinal.
2. Banyak nya unofficial seller yang menjual produk yang tidak original.
3. Kurangnya informasi mengenai seller sehingga kurang
dapat dipercaya.4. Tidak dapat membeli produk lebih dari 5 piece.
5. Tidak ada standarisasi pengemasan barang sehingga ada beberapa customer menerima barang dengan pengemasan yang kurang layak, seperti tidak ada nya bubble wrap
Bisnis
Informatika di Indonesia dan Dunia
Pada masa ini perkembangan teknologi informatika
semakin pesat, semua bidang tidak bisa terlepas dari yang nama nya komputer
maupun alat elektronik lainnya. Salah satu bidang yang tidak luput dari
pengaruh nya yaitu dalam bidang di bidang informatika. Perkembangan bisnis
informatika di Indonesia cukup meningkat dimana hampir semua kegiatan dan
pekerjaan yang dilakukan menggunakan kemampuan teknologi informasi. Bisnis ini
dapat dikatakan memiliki peluang yang cukup baik dan menjanjikan yang
menyebabkan banyak orang yang mulai mencoba untuk terjun kedalam bidang ini.
Hal ini dapat dilihat dari banyak nya usaha yang dibangun dengan memanfaatkan
perkembangan teknologi informatika, sebagai contoh yaitu adanya warnet, jual-belo
online (e-commerce), konsultan IT, software house, infrastruktur komputer dan
masih banyak lagi contoh pemanfaatan nya.
Selain karena faktor peluang tersebut, faktor lain
yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis informatika yaitu faktor modal. Berbisnis
dalam bidang informatika ini dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal.
Beda dengan hal nya dalam dunia bisnis yang masih bersifat tradisional, seperti
bisnis yang dilakukan langsung di tempat. Contoh yang dapat dilihat adalah
dengan adanya e-commerce dan software house. Cukup hanya dengan bermodalkan
situs web yang memiliki daya tarik yang bias menarik perhatian koncumen,
networking (sosialisasi) yang bagus, dan tentu dengan ilmu yang dimiliki yang
dapat menunjang kegiatan maka dengan sendirinya konsumen akan datang dan
keuntungan pun didapat.
Dari dua faktor diatas sudah cukup untuk mendapatkan
kesimpulan bahwa bisnis informatika di Indonesia cukup berkembang, bahkan di
seluruh dunia sekalipun. Seiring dengan berjalan nya waktu dan berkembang nya
jaman tak dapat dipungkiri bahwa suatu saat seluruh bidang bisnis tak akan
pernah terpisah dengan bidang informatika.
Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika
:
1.
Produk
a.
Hardware / Perangkat Keras
Adalah
bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.
b.
Software / Perangkat Lunak
Adalah
bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.
2.
Jasa
a. Software House (Pembuatan software sesuai permintaan)
Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil
yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak
(software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware,
database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management,
purchasing/ selling products and services, Account based dan support online
system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan
kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware
yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan,
tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
b.
E-commerce ( Jual-beli online )
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan
transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media
komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
c.
Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah
layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan
Komputer, dll.
d.
IT consultant
Menangani konsultasi
di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun
memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.
Perkembangan teknologi informasi yang paling dirasakan
di bidang bisnis di dunia bahkan di Indonesia adalah dengan adanya kemudahan
dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis yang berada di
negara lain dengan mudah yaitu dengan memanfaatkan video conrerence maupun
internet call yang dapat dugunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus
mengeluarkan biaya yang terlalu mahal dibandingkan dengan menemui rekan bisnis
langsung ke luar negeri. Penggunaan video conference ini sudah banuak digunakan
di semua industry global.
Selain pengaruh komunikasi antar rekan bisnis,
perkembangan ini juga berdampak pada pegawai perusahaan yang tidak perlu
memberikan lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun bias memanfaatkan
dasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja mereka kepada
atasan.
DAFTAR PUSTAKA
http://digilib.uinsby.ac.id/1534/5/Bab%202.pdf
http://hariannetral.com/2014/09/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
https://www.kompasiana.com/iefpurba/59b96abd9a78f16af66d15e4/peranan-teknologi-infomasi-dan-komunikasi-tik-dalam-pembelajaran-di-sd-amaliah
http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html
http://karinarhma.blogspot.co.id/2016/10/tugas-1-pengantar-bisnis-informatika.html
https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/115182/bab1/analisis-pengaruh-experiential-marketing-terhadap-keputusan-pembelian-produk-lazada-studi-pada-masyarakat-bandung-2015-.pdf.
https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/
http://nuralifahusain.blogspot.co.id/2015/01/bisnis-teknologi-informasi-ti-di.html
http://gyan-bejo.blogspot.co.id/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html
DAFTAR PUSTAKA
http://digilib.uinsby.ac.id/1534/5/Bab%202.pdf
http://hariannetral.com/2014/09/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
https://www.kompasiana.com/iefpurba/59b96abd9a78f16af66d15e4/peranan-teknologi-infomasi-dan-komunikasi-tik-dalam-pembelajaran-di-sd-amaliah
http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html
http://karinarhma.blogspot.co.id/2016/10/tugas-1-pengantar-bisnis-informatika.html
https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/115182/bab1/analisis-pengaruh-experiential-marketing-terhadap-keputusan-pembelian-produk-lazada-studi-pada-masyarakat-bandung-2015-.pdf.
https://www.kaskus.co.id/thread/565f31b35a5163132e8b4567/profil-perusahaan-lazada-indonesia/
http://nuralifahusain.blogspot.co.id/2015/01/bisnis-teknologi-informasi-ti-di.html
http://gyan-bejo.blogspot.co.id/2010/10/perkembangan-bisnis-informatika-di.html
No comments:
Post a Comment