Wednesday, June 29, 2016

4. RESUME WEB SCIENCE


Materi 1
Sejarah Web Science

Pada tahun 1958 didirikan DARPA (singkatan dari Defense Advance Research Project Agency) yang merupakan lembaga penelitian negara Amerika Serikat yang menemukan teknologi internet serta microelektronik kecepatan tinggi, stealth dan teknologi satelit, pesawat tak berawak, dan material baru. Lembaga ini mengembangkan ARPANET dan sukses pada tahun 1972. Dan pada tahun 1991, Tim Berners dan peneliti dari CERN (European Laboratory for Particle Physics) yang di pimpin oleh Sir Timothy John membuat situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali. Tim Berners bertujuan untuk merancang situs web adalah untuk memudahkan transaksi dan memperbaharui informasi pada sesama peneliti di tempat mereka bekerja dan pada tanggal 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa WWW dapat dibangunkan secara gratis oleh umum/publik.

Pre Web :
Pre-web adalah era dimana prototype seperti The Memex (Memory Index), HyperText, Usenet, Gopher, dan FTP(File Transfer Protocol) muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi Internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.
Setelahnya Web yang di buat oleh Tim Berners mengalami perkembangan, berikut ini perkembanganya:
  •  WEB 1

Beberapa ciri atau karakteristik Web 1.0 :
  1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
  2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
  3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
  4.  Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi satu arah.
  •  WEB 2

Beberapa ciri atau karakteristik Web 2.0 :
  1. Web sebagai platform
  2. Data sebagai pengendali utama
  3. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
  4.  Mudah untuk digunakan dan dikemangkan oleh user

 ·       WEB 3
Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online, itulah definisi Web 3.0 menurut John Markoff. Web 3.0 yang memiliki isi Web yang tidak hanya dimengerti manusia dalam bahasa alami, tetapi juga yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak.

·       WEB 4.0

Menurut Seth Godin dalam blognya, syarat utama teknologi Web 4.0 :
1.     Ubiquity
Syarat ini dibutuhkan karena domain dari teknologi Web 4.0 adalah aktivitas bukan hanya sekedar data, dan sebagian besar aktivitas manusia berjalan offline.
2.     Identity
Karena distribusi informasi spesifik ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, rutinitasnya dan apa yang dibutuhkan oleh pribadi tersebut.
3.     Connection
Tanpa relasi/hubungan seseorang tidak ada artinya dalam teknologi Web 4.0 karena teknologi ini dikembangkan untuk kepentingan ini (making connection.

Definisi Web Science

Web Science merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat yang bisa didapatkan melalui dunia maya (internet) sehingga memudahkan kita untuk memperoleh pengetahuan dan  informasi agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

Metodologi Web Science

Secara ringkas Bernes-Lee mengatakan Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Sehingga akan mengkombinasikan sintesis dan analisis. Web Science juga berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik atau dengan kata lain bisa di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.

Arsitektur Web Science

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna.
Keuntungan Arsitektur Web :
  • Sebuah web dapat tersusun terstruktur.
  •  Dapat menyediakan tampilan desaign yang menarik.
  • Dapat menyediakan mesin pencari sehingga para pengunjung web dapat mencari informasi dengan cepat.
  •  Dapat menyediakan tampilan form informasi dan kontak atau keanggotaan.
  • Dapat membuat form tentang produk atau jasa, misalkan jumlah barang, harga barang, dan form penawaran barang.
Kekurangan Arsitektur Web :
  • Dapat menyebabkan web tersebut berat untuk diakses.
  • Harus diupdate setiap saat.
Bagian-bagian dari Arsitektur Website: 
  1. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
  2. WWW (World Wide Web)
  3.  URL (Universal Resource Locator)
  4. XML (Extensible Markup Language)
  5.   JavaScript
  6.  AJAX


Security Web Science

Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website, prinsip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website lebih aman dan sulit untuk diserang.

Poin-poin penting dalam keamanan web
  1. Remote File Inklusi (RFI)
  2. Local File Inclusion (LFI)
  3. SQL injection
  4. Cross Site Scripting (XSS)




Materi 2
WEB SCIENCE
CodeSaya.com

Salah satu contoh dari web science yaitu http://codesaya.com/ yang merupakan salah satu cara belajar pemrograman secara interaktif melalui web. CodeSaya merupakan salah satu metode yang dapat menjadi pilihan jika ingin mengenal bahkan belajar mengenai bahasa pemrograman dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sehingga tidak bersifat monoton dan membosankan. CodeSaya dibangun oleh Ganis Zulfa Santoso dengan menggunakan framework web Phyton paling populer, yaitu Django. Materi pembelajaran yang ada disini adalah PHP, JavaScript, Git, dan Laravel.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan
  • Tampilan CodeSaya cukup menarik dengan desain yang simpel tetapi menarik perhatian. Dan yang paling utama sebagai keunggulan situs ini adalah CodeSaya merupakan Pembelajaran Bahasa Pemrograman berbahasa Indonesia yang sangat memudahkan dalam proses pembelajaran sehingga tidak ada hambatan dalam pengertian bahasa.
  • Terdapat username yang sudah dibuat sebelumnya yang berguna sebagai identitas bagi si pengguna serta dapat menyimpan data hasil pembelajaran sebelum nya sehingga tidak perlu memulai dari awal lagi, hanya tinggal melanjutkan saja. Serta dapat digunakan sebagai identitas untuk forum diskusi.
  • Materi yang dipelajari cukup lengkap, dimulai dengan pengenalan hingga struktur data nya. Bahkan dibahas secara mendalam, mulai dari bahasa fundamental sampai level lanjut.
  •  Model belajar di CodeSaya menggunakan metode praktik, yaitu pengguna dapat langsung mencoba menulis code (coding) yang disertai contoh dan instruksi yang telah diberikan. Tidak perlu repot-repot menyiapkan aplikasi sebagai media pengkodean karena sudah disediakan didalam fiturnya sehingga kita hanya perlu menulis langsung kode nya. Dan terdapat sistem “Periksa dan Simpan” untuk memeriksa hasil kerja kita. Jika masih terdapat kesalahan terdapat sebuah peringatan serta di beritahukan letak kesalahan tersebut.
  •  Jika mengalami kendala seperti bingung dalam mengerjakan kode, terdapat fitur Forum Diskusi yang bisa digunakan untuk tanya-jawab jika mengalami kesulitan. Pertanyaan akan dijawab oleh pengguna lain yang lebih mengerti tentang coding atau bahkan pengguna sendiri dapat menjawab pertanyaan dari pengguna lain.
  • Salah satu fitur yang membuat tidak bosan adalah fitur lencana setiap pengguna dapat menyelesaikan soal yang diberikan. Sehingga pengguna bagaikan seperti sedang bermain gaming. Semakin tinggi lencana maka semakin pula terlihat keahlian pengguna tersebut. Ditambah lagi terdapat fitur share yang dapat digunakan untuk mempublis jika pengguna naik ke tingkatan lencana baru.


Kelemahan
Materi pembelajaran di CodeSaya yang belum banyak tersedia karena masih banyak bahasa pemrograman yang digunakan saat ini seperti java, bahasa C, Phyton, dan sebagai nya. Serta kurangnya media pembelajaran di CodeSaya karena hanya bisa digunakan dengan menggunakan komputer/laptop. Karena akan sangat membantu jika CodeSaya juga dapat digunakan di media lain seperti smartphone sehingga dapat digunakan di berbagai tempat.


Metadata

Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data, biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll.
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
  • Membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan;
  • Mengidentifikasi sumberdaya
  • Mengelompokkan sumberdaya yang serupa
  • Membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaa
  • Memberikan informasi lokasi

Metadata terbagi dalam 3 jenis:
1.     Metadata deskriptif
2.     Metadata administratif
3.     Metadata Struktural

Skema metadatan terdiri dari 3 komponen yaitu:
  1. Semantic
  2. Content
  3. Sintaksis

Contoh Metadata:
  1. CDWA (Categories for Descriptions of Works of Art), skema untuk deskripsi karya seni
  2. DCMES (Dublin Core Metadata Element Set), skema umum untuk deskripsi berbagai macam sumber digital.
  3. EAD (Encoded Archival Description), skema untuk menciptakan sarana temu kembali pada bahan kearsipan (archival finding aids) dalam bentuk elektronik.
  4. GEM (Gateway to Educational Materials),  skema untuk bahan pendidikan dan pengajaran
  5. DLL.

Web Content

Standard Web
Standar Web merupakan suatu keharusan, standar non-proprietary dan spesifikasi teknis lainnya yang mendefinisikan dan menggambarkan aspek dari World Wide Web. Standar web satu sama lain saling tergantung, beberapa di antaranya mengatur aspek internet, bukan hanya World Wide Web (Sebuah Situs). Pertimbangannya adalah interoperabilitas, aksesibilitas dan kegunaan dari halaman web dan situs web. Standar web bukanlah merupakan aturan, tetapi terus berkembang dan disesuaikan dengan teknologi web.

Teknik-teknik Membuat Website

Pada umumnya, ada dua jenis pilihan cara pembuatan konten website yang harus dipersiapkan, yaitu website statis atau website dinamis.

Website statis adalah website yang hanya berisi file-file HTML dan file pendukung (misalnya gambar). Pada intinya, yang harus Anda lakukan adalah membuat dan mendesain file halaman-halaman website serta mengaitkan satu dengan lainnya lewat link agar bisa diakses dengan baik.

Adapun website dinamis adalah website yang selain didesain melalui file-file HTML juga disertai dengan pemrograman web lebih lanjut. Ciri website yang dibuat dengan pemrograman antara lain ditandai dengan adanya fitur login, pengelolaan member, serta pengisian data halaman web melalui database.


Materi 3
Belajar Bahasa Asing dengan Duolingo

Duolingo adalah platform pendidikan bahasa berbasis ilmu gratis yang secara organik telah menjadi cara terpopuler untuk belajar bahasa secara online dengan menggunakan teknik gamification. Teknik ini digunakan karena lebih ampuh membuat sebuah pelajaran mudah untuk dimengerti semua orang.

TEMU PENDIRI
Luis von Ahn, CEO
Luis von Ahn adalah seorang profesor di Carnegie Mellon University, penemu CAPTCHA, dan peraih anugerah MacArthur Fellow. Ia telah menjual dua perusahaannya ke Google dan memberikan ceramah-ceramah populer di TEDTalks.
Severin Hacker, CTO
Severin Hacker menerima gelar Sarjana dalam Ilmu Komputer dari ETH Zurich pada 2006, dan gelar PhD dari Carnegie Mellon University pada 2014.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan
  • Tampilan awal dengan desain yang simpel sehingga tidak terlalu berlebihan. Serta bahasa di dalam situs web dapat diubah menjadi bahasa yang diinginkan. Dan bukan bahasa indonesia dan bahasa inggris saja, tetapi masih banyak bahasa. Dan keunggulan utama duolingo yaitu belajar bahasa asing dengan gratis.
  • Pengguna dapat mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun pengguna sebagai penyimpanan hasil proses belajar dan sebagai identitas pada forum diskusi. Tetapi pengguna juga dapat login dengan menggunakan facebook atau google plus sehingga lebih mudah
  • Salah satu faktor keunggulan utama duolingo yaitu dapat mempelajari banyak bahasa yang diinginkan bahkan jika ingin mencoba semua satu persatu. Misalkan ingin mempelajari bahasa inggris, pengguna juga dapat mempelajari bahasa lain seperti jerman, spanyol, perancis, dan lain-lain.
  • Pengguna dapat mengatur sasaran belajar dalam sehari sesuai keinginan. Hal ini akan mempengaruhi jumlah soal-soal latihan yang akan diberikan. Bahkan duolingo menyediakan pengingat harian di komputer bahkan di handphone pengguna untuk menjaga target harian anda tersebut agar tercapai perhari.
  •  Pengguna dapat memilih ingin belajar bahasa mulai dari dasar dahulu atau ingin memulai dari bagian tertentu. Dan jika ingin dimulai dari bagian tertentu, pengguna harus menjalani tes kemahiran terlebih dahulu untuk menguji kemampuan bahasa nya. Dan secara otomatis duolingo akan menunjukkan tingkat pembelajaran selanjutnya yang pas untuk pengguna. Jika tidak berhasil, maka akan dimulai dari dasar dahulu.
  • Pengguna akan diajarkan step by step dari awal bab dasar (dasar 1, dasar 2, dan lain-lain) hingga akhir bab pembelajaran. Dan setiap satu bab telah selesai, pengguna harus melaksanakan uji coba dari bab tersebut untuk mengetes hasil pembelajarannya.
  • Setiap bab terdapat penjelasan materi untuk membantu pengguna memahami materi pembelajaran nya.
  • Metode belajar praktek yang menarik seperti belajar secara privat. Bukan hanya praktek menulis aja, bahkan terdapat tes listening. Dan pembelajaran tidak hanya sebatas inggris-indonesia, bahkan indonesia-inggris. Dan terdapat terjemahan setiap selesai mengerjakan soal. Jika terdapat kesalahan, akan diberitahukan jawaban yang tepat. Jika masih belum mengerti, pengguna dapat laporkan masalah  atau diskusikan kalimat untuk membantu.
  • Terdapat forum diskusi untuk memudahkan pengguna untuk melakukan tanya-jawab jika mengalami kesulitan. Dan memungkinkan pengguna lain yang lebih mengerti untuk memberikan penjelasan.


Kekurangan
  • Materi pembahasan bahasa masih kurang lengkap bahkan terlalu simpel sehingga tidak menutup kemungkinan pengguna ada yang belum terlalu paham maksud materi nya. Hanya bahasa inggris saja yang lumayan lengkap.
  • Aplikasi duolingo juga membutuhkan koneksi internet yang lancar sehingga untuk mengaksesnya cukup sulit jika pada jangkauan sinyal yang lemah ataupun tidak ada sama sekali. 
  • Untuk belajar pronounciation, fitur pengenal suara dalam aplikasi tidak buruk tetapi tidak setepat pronounciation yang asli diucapkan native speaker sehingga masih terasa seperti mesin penerjemah bahasa asing yang tidak luwes.
  • Aplikasi ini hanya mengajarkan yang benar-benar dasar saja, bukan untuk ke tahap bahasa lebih lanjut/serius. Mungkin lebih ditekankan kepada hobi atau belajar sedikit-sedikit.



IBM – Komunitas “Indonesia Belajar Mengajar”

IBM adalah salah satu komunitas di Bandung yang didirikan pada bulan September 2014. Dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, IBM merupakan cikal bakal gerakan Indonesia Cerdas. Banyak hal yang dapat diambil di dalamnya. Upaya mencerdaskan tersebut pada dasarnya mengenai 2 subjek, pengajar dan siswa, keduanya dalam proses menjadi cerdas. Pengajar berusaha untuk mengasah pemahamannya, sedangkan siswa belajar hal-hal yang belum diketahuinya.

Visi
Menjadi komunitas yang menghasilkan sumber daya manusia aktif, kreatif & berkompeten di bidang ilmu pengetahuan teknologi untuk kemajuan bangsa.

Misi
Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan kondusif.
Mengaplikasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.
Menghasilkan karya ilmiah dan produk unggulan yang bermanfaat.
Melaksanakan riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.


Review Virtual Class (V-Class) Gunadarma

Virtual Class merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.

FITUR
V-class gunadarma memiliki beberapa fitur, diantara nya :
  •  Berita situs
  • Forum khusus dosen
  • Forum khusus mahasiswa
  • Silabus perkuliahan


KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan
  • Mahasiswa menjadi lebih mudah dalam mendapatkan materi serta bimbingan yang diberikan langsung sumber nya dari sang dosen yang bersangkutan hanya dengan melalui internet.
  • Mahasiswa dapat mengaksesnya dimana saja dengan menggunakan alat elektronik yang dimiliki sehingga tidak harus berada langsung di dalam kelas.
  • Terdapat kuis yang diberikan oleh dosen sehingga lebih efisien untuk para mahasiswa dalam mempelajari materi yang diberikan, bukan hanya sekedar mendownload materi saja. Dan dapat mengetahui skor yang didapat. Dan metode yang diambil biasa nya dengan percobaan 3 kali dengan niali yang diambil adalah nilai terbesar (dari percobaan yang dilakukan mahasiswa itu sendiri).
  • Terdapat forum tanya jawab seperti diberikan pertanyaan oleh dosen, dan mahasiswa diminta untuk memberikan pendapatnya. Bahkan antar teman sekelas yang melakukan v-class tersebut bisa bertanya ataupun bertukar pikiran seputar materi tersebut. Dan tanya jawab ini bisa mendapatkan poin tambahan bagi mahasiswa oleh dosen.
  • Pengaksesan tidak berbatas waktu pengaksesan (seperti dimulai dari pukul sekian hingga sekian) sehingga tidak menyulitkan mahasiswa jika ingin melakukan kegiatan yang lainnya (seperti waktu kuliah yang diadakan v-class, mahasiswa dapat menggantinya dengan waktu mengikuti seminar dari universitas gunadarma).


Kelemahan
  •  Proses belajar kurang maksimal karena kurangnya interaksi/diskusi antara mahasiswa dan dosen agar lebih leluasa menjelaskan.
  • Bila mahasiswa yang masih baru menggunakan, biasa nya terdapat kesalahan teknis dalam memasuki v-class yang sudah dibuat sebelumnya, seperti kesalahan password dan sebagainya.
  • Saat mengerjakan forum v-class, mahasiswa dapat menyalin jawaban mahasiswa lain yang mengerjakan v-class tersebut itu juga sehingga tidak efisien.
  • Forum v-class yang terlalu “polos” sehingga kurang menarik. Hanya sekedar mencantumkan subject untuk judul dan message untuk isi dari forum v-class yang akan kita isi.



No comments:

Post a Comment